Pembagian Dapil 1 Masih dalam Wacana

KMBOLO.com—Rencana pembagian Daerah Pemilihan (Dapil) 1 di wilayah Kabupaten Bima, masih sebatas wacana. Pasalnya, pembagian Dapil bilamana sudah ada keputusan dari KPU RI.

            Komisioner KPU Kabupaten Bima Zuriati SP menyampaikan, bila merujuk data penduduk di Kabupaten Bima, maka jumlah legislator pun masih 45 kursi. “Terkait Dapil, masih merujuk angka penduduk tetap 45 kursi. Tapi Dapilnya seperti apa, itu tergantung nanti dan menunggu DAK2 yang diserahkan oleh Kemendagri kepada KPU,” jelas Zuriati dalam kegiatan Temu Komunitas Media di Sekretariat KPU Kabupaten Bima, Kamis.

            Keinginan KPU Kabupaten Bima mengusulkan banyak Dapil. Namun penentuan akhir ada di KPU RI. Tentu hal ini merujuk sejumlah pertimbangan. Mulai dari sebaran dan jumlah penduduk maupun sosial budaya.

            Berdasarkan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dari pemerintah hingga per Agustus 2017, lanjut Zuriati, diketahui DAK2 Kabupaten Bima sebanyak 524.000 jiwa. “Hal ini akan menjadi pertimbangan untuk penetapan Dapil. Apakah ada perubahan atau tidak,” ucapnya.(adi)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru