Pilkada Dompu, KPUD Helat Debat Kandidat Pertama

Dompu – Untuk pertama kalinya Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Dompu menggelar acara debat kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021, yang bertempat di Paruga Samakai, Jalan Seokarno Hatta. Empat pasangan calon yang mengikuti kegiatan dimaksud masing-masing pasangan Drs.  H. Bambang M. Yasin dan Arifuddin, SH., kemudian duet Syafruddin Yasin, S.Ap dan Rafiuddin H. Anas, lalu kolaborasi H. Mulyadin, SH.,MH  dan Kurniawan Ahmadi, dan terakhir pasangan H. Abubakar Ahmad, SH dan Kisman Pangeran, SH.

Dalam pilkada 2015, pasangan H. Bambang M. Yasin atau HBY-Arif berada pada nomor urut Satu dengan jargon Lanjutkan, kemudian duet pasangan Syfruddin Yasin dan Rafiuddin atau Ori Deo-Fin, pada posisi nomor urut Dua dengan jargon Lamba Rasa, lalu kolaborasi Mulyadin-Kurniawan Ahmadi dikenal dengan Mulyaku di posisi nomor urut Tiga dengan ide Bangga Bangun Desa, dan terakhir pasangan Abubakar Ahmad-Kisman Pangeran atau Ompu-Kisman nomor urut Empat, dengan jargon OK Berani.   

Acara dimulai sejak pukul 15.00 Wita, yang dipandu oleh moderator Dr. Kadri, M.Si tersebut, dibagi kedalam enam segmen yakni segmen pertama penyampaian visi dan misi kandidat, kemudian segmen kedua penajaman visi dan misi, tanya jawab antara moderator dengan para kandidat masuk pada segmen ke-empat, lalu segmen kelima tanya jawab diantara para kandidat. Segmen terakhir KPUD memilih pernyataan penutup para pasangan calon.

Dalam penyampaian dan penajaman visi dan misi, hampir semua kandidat berbicara kemandirian daerah, peningkatan pendapatan asli daerah, memajukan sektor pertanian, pendidikan, kesehatan, peningkatan ekonomi, yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dari beberapa aspek kehidupan.

Hadir dalam debat terbuka tersebut yakni unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Dompu, pejabat lingkup Pemkab Dompu, para Kepala Desa, tokoh Agama dan masyarakat, serta para pengurus partai politik. Tidak ketinggalan para pendukung setia pasangan calon hadir memeriahkan jalannya seremonial pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Acar debat kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang ditutup pada pukul 17.30 tersebut sempat tegang karena salah satu pendukung pasangan calon Bangga Bangun Desa secara spontan marah karena tersinggung dengan ulah pendukung pasangan calon Lanjutkan, namun ketegangan tersebut tidak berlangsung lama karena cepat diredakan oleh aparat keamanan.   [] - 01

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru