Hari Pertama, KPUD Dompu Kosong Pendaftar

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Dompu, Minggu 26 Juli 2015, resmi membuka pendaftaran bagi calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu periode 2015-2020. Dalam menunggu para kandidat yang akan mendaftar, KPUD sudah mempersiapkan secara matang beberapa aspek dalam penerimaan pendaftaran, termasuk persiapan pengamanan dari aparat Polres dan Kodim, baik pengamanan terbuka maupun tertutup.

Pantauan media ini di kantor KPUD, belum ada satupun kontestan Pilkada yang datang mendaftar, namun KPUD, Panwas dan aparat keamanan tetap stand by menunggu para kandidat yang datang mendaftar.

Walaupun hari pertama pendaftaran tidak ada kandidat yang mendaftar, namun menurut ketua KPUD Rusdyanto, ST bahwa sudah ada surat pemberitahuan resmi dan informasi para kandidat, bahwa besok hari Selasa, 3 pasangan calon dipastikan akan mendaftar.

Pendaftar pertama sekitar pukul 08.30 Wita yakni pasangan "Mulya" H. Mulyadin, SH.,MH., dan Kurniawan Ahmadi, dengan jargon politik "Mulya" diketahui diusung oleh PKS, PDIP dan Demokrat. Kemudian, pasangan Drs. H. Bambang M. Yasin (HBY) dengan Syarifuddin, SH., mengambil waktu pukul 10.30 Wita, diketahui akan diusung oleh Gerindra, Nasdem dan Hanura. Pasangan dengan semboyan "Lanjutkan" tersebut adalah incumbent dimana HBY masih menjabat sebagai Bupati Dompu.

Masih ketua KPUD, pendaftaran ketiga diplot oleh pasangan dengan jargon "Syafir-Lamba Rasa" yakni duet kemenangan antara Syafruddin, S.Ap dengan Rafiuddin H. Anas, yang dimotori oleh PAN dan PKB, mengambil waktu pendaftaran selesai Shalat Dzuhur. Sementara pasangan H. Abubakar Ahmad, SH alias Ompu Beko dengan Kisman Pangeran, SH., akan mendaftar pada hari Selasa tanggal 28 Juli 2015, tepat pada hari penutupan pendaftaran. Pasangan tersebut diketahui bakal digadang oleh PPP, PBB dan Golkar.

Komisioner lainnya Agus Setiawan, SH., menjelaskan bahwa bagi para kandidat yang akan mendaftar wajib memenuhi syarat calon dan pencalonan, syarat tersebut harus diserahkan pada saat pendaftaran. Hal terpenting dalam pendaftaran ujar Agus yakni syarat pencalonan yang harus dipenuhi pada saat pendaftaran diantaranya yaitu surat pernyataan pencalonan, surat dukungan parpol atau gabungan parpol, visi dan misi para calon, dan kehadiran para calon serta ketua dan sekretaris parpol pengusung. Jika diantara salah satu syarat pencalonan tersebut tidak dipenuhi, maka pendaftaran akan ditolak. "Pendaftaran akan ditolak" tegas Agus.

Terkait dengan pengamanan selama jadwal dan tahapan Pilkada, Kapolres Dompu AKBP Brury Soekotjo, S.IK., saat koordinasi dengan komisioner menyatakan bahwa pihaknya sudah melakukan persiapan pengamanan sesuai kebutuhan. Dan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan para peserta Pilkada perihal pengamanan dan kesepakatan menjaga agar Pilkada berjalan secara tertib, aman dan terkendali. "Kami sudah siapkan personil untuk amankan Pilkada" Brury menegaskan. [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru