Anggota DPRD Mulai Bekerja

Merujuk pada ketentuan Pasal 46 UU No 32/2004 tentangPemerintahan Daerah jo Pasal 43 PP No25/2004 tentang Pedoman PenyusunanTata Tertib DPRD, alat kelengkapan DPRD terdiri dari pimpinan, komisi, panitia musyawarah, panitia anggaran, badan kehormatan dan alat kelengkapan lain yang diperlukan.

            Jika dikaitkan dengan fungsi legislasi, tidak semua alat kelengkapan tersebut terlibat secara langsung. Alat-alat kelengkapan yang terlibat secara langsung antara lain adalah komisi, panitia musyawarah dan adanya kemungkinan alat kelengkapan lain yang dibentuk khusus menangi masalah legislasi, misalnya Panitia Legislasi.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bima akhirnya rampung membentuk alat kelengkapan Dewan, sehingga mereka pun siap bekerja dalam mewujudkan aspirasi masyarakat.

            Sekretaris DPRD Kabupaten Bima Drs H Supratman M.Si menjelaskan, alat kelengkapan dewan ini dibentuk meliputi Komisi, Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Pembentukan Peraturan Daerah dan Badan Kehormatan (BK). “Semuanya sudah rampung,” ujarnya.

            Dia juga menyebutkan, ada sembilan orang dewan yang menempati di Komisi I. Dengan ketua komisi Sulaiman MT dari partai Gerindra, Wakil Ketua Masdin (PPP) dan Sekretaris Ma’aruf (Hanura). Sedangkan komisi II ditempati 11 anggota—Ketua Suriyadin (Golkar), Wakil Ketua Samran (Hanura) dan Sekrertaris Ilham Yusuf dari PKS.

            Pada Komisi III juga ditempati 11 orang—ketua Drs Mustahid H Kako dari PKB, Wakil Ketua Fahrirrahman (PAN) dan Sekretaris Yusran (Demokrat). Di Komisi IV dengan sembilan anggota—ketua M Natsir (PAN), Wakil Ketua Ahmad HM Saleh dari PDI Perjuangan.

            Sementara pada Banggar dan Banmus masing-masing 23 anggota, dengan empat orang pimpinan dan Sekwan, 12 orang Badan Pembentukan Peraturan Daerah—dengan ketua Nurdin Amin (PDI-P), wakil ketua Fahrirrahman (PAN) dan Sekwan sebagai sekretaris. Untuk BK berjumlah 5 orang. Ketua Samaila (PKB), Wakil Ketua H Muhammad (Golkar).(adi) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru