Minggu Tenang, Baliho Capres Masih Marak

KM, Sarei Ndai.-

Walaupun masa tenang Pimilu Presiden (Pillpres) tahun 2014 sebagai rangkaian telah berakhirnya masa kampanye, namun masih maraknya alat peraga kampanye, dibeberapa titik sepanjang jalan yang belum ditertibkan.

Pantauan KM Sarei Ndai dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Bima, seperti Kecamatan Belo, Woha dan Palibelo, Ahad pagi. Baligo Capres dan Cawapres masih terlihat merusak pemandangan disepanjang jalan. Walaupun demikian, ada sebagian jumlah baligo karena memang sudah diturunkan secara sukarela oleh timses.

Ketua Panwaslu Kabupaten Bima, melalui Divisi Hukum, Abdollah SH yang dimintai tanggapan mengaku maraknya baligo tersebut. Meski begitu, untuk hari pertama masa tenang, pihaknya belum mengeluarkan rekomendasi untuk penertiban tersebut, karena masih meberikan kesempatgan tim ses untuk menurunkan secara sukarela.

“Hari pertama ini kami berikan kesempatan kepada tim sukses capres untuk menurunkan sendiri baligo dan untuk emlihat kesadaran mereka. Jika sampai sore nanti (kemarin, red) timses belum menurunkannya, kami akan keluarkan rekomendasi,” terangnya.

Menurut Ebid sapaan akrabnya, masa tenang para tim sukses seharusnya menurunkan sendiri alat peraga kampanye tersebut. Namun jika tidak diindahkan, Panwaslu berjanji akan mengeluarkan recomendasi persoalan tersebut ke KPU, agar dilakukan berkordinasi dengan pemda.

“Kami akan minta KPU beserta seluruh jajaran kebawah untuk menertibkannya, tentu dengan kordinasi dengan Kesbang Pos Kab. Bima” tegasnya.

Dikatakannya, penurunan alat peraga kampanye sudah diatur dalam kesepakatan KPU. Dimana H-3, semua baligo harus ditiadakan. Jika sampai H-2 masih juga ada baligo yang belum juga diturunkan, maka Panwaslu, Pemda, dan KPUD akan menurunkannya secara paksa.

“Pemerintah akan Eksesn bersama KPUD, tentu dengan pengawalkan kami Panwaslu,”tandasnya.(Yadin)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru