Hasil Pileg Soromandi Simpang Siur

KM Jompa Mbojo, Palibelo.- Meski rekapitulasi suara tingkat kabupaten sudah dilaksanakan, namun jumlah perolehan surat suara di Kecamatan Soromandi masih simpang siur. Berdasarkan kesepakatan, kasus Soromandi akan diselesaikan di KPU Provinsi NTB. Hingga kemarin, hasil pileg di kecamatan tersebut belum ada kejelasan.

Hal itu disebabkan karena sejumlah komisioner KPU Kabupaten Bima belum juga masuk kantor, pasca rapat pleno beberapa waktu lalu. Kondisi tersebut membuat berbagai spekulasi adanya kecurangan mulai bermunculan.

Ketua Divisi SDM Panwaslu Kabupaten Bima, Junaidin, SPd yang dimintai tanggapan mengaku belum bisa memberikan keterangan. Pasalnya, persoalan tersebut masih berada diwilayah KPUD. Kendati demikian, Joe mengaku telah melakukan klarifikasi terhadap PPK di kecamatan  tersebut.

“Memang sebelumnya kami sudah meminta klarifikasi kepada PPK Soromandi bersama dua PPK lain, yakni PPK Langgudu dan Madapangga,” katanya, saat ditemui diruang kerjanya, kemarin.

Hasil klarifikasi di Soromandi, Panwaslu belum berani membukanya. Lantaran masih ada pleno gakkumdu yang harus dilakukan. “Pada prinsipnya kami tetap menindaklanjuti, apakah memenuhi unsur atau tidak. Pelanggaran pidana atau administrasi, nanti akan diketahui setelah gelar gakkumdu dilakukan,”ujarnya.

Menurut pria kelahiran Desa Naru Kecamatan Woha ini, persoalan Soromandi diperkirakan akan ditetapkan dalam beberapa hari kedepan. Sejauh ini Panwaslu sendiri belum juga menerima hasil rekapitulasi untuk kecamatan tersebut.

“Kita juga belum tahu sejauh mana rekapitulasi perolehan surat suara untuk Kecamatan Soromandi. Kita juga sama-sama menunggu kabar, agar persoalan ini bisa terselesaikan,” pungkasnya. [] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru