logoblog

Cari

Susahnya Memilih Wakil Rakyat Bagi Rakyat Pedesaan

Susahnya Memilih Wakil Rakyat Bagi Rakyat Pedesaan

Sapit/AH. Rabu 17/04/2019 merupakan pesta demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia yang semestinya disamput dengan riang gembira sebagai wujud kebebasan rakyat dalam

Politik

ASBUR HIDAYAT
Oleh ASBUR HIDAYAT
17 April, 2019 16:27:48
Politik
Komentar: 0
Dibaca: 1173 Kali

Sapit/AH. Rabu 17/04/2019 merupakan pesta demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia yang semestinya disamput dengan riang gembira sebagai wujud kebebasan rakyat dalam memilih wakil rakyat yang akan mewakili di DPRD kabupaten/Kota, DPRD Provinsi,DPR RI, DPD RI dan Presiden besarta Wakil Presiden.

Tetapi tak ayal justru kebebasan yang diinginkan untuk memilih perwakilan rakyat di pemerintahan malah prosesnya menyulitkan masyarakat seperti yang terjadi di Desa Sapit Kec.Suela. disamping banyaknya kertas suara yang akan dipilih permasalahan juga terjadi dalam kertas suara khususnya DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi dan DPR RI, bagaimana tidak banyaknya masyarakat pedesaan yang tidak bisa membaca membuat masyarakat kesusahan untuk memilih calon yang diinginkan seperti ungkapan dari Papuk Joh dan beberapa orang yang sebayanya. Ketika kampanye biasanya calon legislatif memamerkan foto untuk memperkenalkan diri tetapi ketika pemilihan tidak ada foto dalam kertas suara, yang ada hanya nama saja untuk anggota legislatif sehingga membuat masyarakat menjadi bingung dalam memilih, hal tersebut terindikasi karena kurangnya sosialisasi dari KPU maupun tim kampanye paslon, sehingga menjadi pekerjaan kedepan untuk lebih memberikan keadilan dalam memilih paslon yang diinginkan oleh rakyat. Banyaknya permasalahan-permasalahan tentu saja akan mengakibatkan proses pemilihan akan kurang optimal karena bisa jadi mereka kenal dengan calon A malah ketika memilih karena kesusahan mencari orang yang diinginkan karena keterbatasan dalam membaca membuat masyarakat asal-asalan dalam memilih. jangan sampai yang terjadi yang penting memilih.  tak luput pula masih ada masyarakat yang tidak tahu akan memilih siapa sehingga menjadi celah pada terjadinya politik uang maupun pelanggaran dalam pemilu.

Pada akhirnya merupakan tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkan pesta demokrasi sebagai perwujudan kedaulatan rakyat dan didasarkan pada asas langsung, bebas, rahasia, jujur dan adil  dalam memberikan hak pilih bagi rakyat, tidak hanya sekedar mengikuti proses demokrasi tetapi benar-benar memberikan suara sesuai dengan kehendak rakyat itu sendiri.

 

Baca Juga :


BY: AH



 
ASBUR HIDAYAT

ASBUR HIDAYAT

"LANTAQUMA QUWWATANA ILLA BIJAUDATI ROBITHOTI QULUBANA" "KHAIRUNAS ANFAUHUM LINNAS" SAPIT, SUELA, LOMBOK TIMUR

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan