logoblog

Cari

Fauzan Khalid: Black Campaign Memang Sering Terjadi

Fauzan Khalid: Black Campaign Memang Sering Terjadi

Bupati Lombok Barat (Lobar), H.Hauzan Khalid menyatakan, apa yang disebut Black Campaign (kampanye hitam), di satu sisi memang fakta sering terjadi.

Politik

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
03 Mei, 2017 07:58:35
Politik
Komentar: 0
Dibaca: 15962 Kali

Bupati Lombok Barat (Lobar), H.Hauzan Khalid menyatakan, apa yang disebut Black Campaign (kampanye hitam), di satu sisi memang fakta sering terjadi. Namun dari sisi aturan, itu benar-benar menyalahi aturan. Apa yang disebut sebagai negatif campaign, juga sebenarnya tidak boleh dilakukan. Padahal kata Fauzan, ketika masih aktif di KPU dulu, sering mengusulkan kalau kampanye negatif itu boleh dilakukan. “Menyangkut yang negatif, kampanye itu kan ada dua, kamanye negatif dan kampanye hitam,” jelasnya saat memberikan arahan pada kegiatan Sosialisasi Gerakan Pemuda dan Parpol (Gempur) Awas Pemilu di Aula DPU PR Lobar, Rabu (3/5).

Kampanye negatif lanjutnya, itu memang hal yang negatif perihal saingan dalam berpolitik. Itu fakta dan seharusnya boleh dilakukan. Namun dalam peraturan perundang-undangan belum dibolehkan. Kampanye negatif menurut dia, memang tidak boleh dilakukan jika acuannya peraturan perundang-undangan. Alasannya, karena itu adalah fitnah. Sesuatu yang tak pernah dilakukan oleh saingan, tapi faktanya itu yang disampaikan. Membuhun karakter saingan itu juga kampanye hitam. “Diseluruh dunia tidak boleh adanya kampanye hitam ini,” tegasnya dihadapan Ketua Bawaslu NTB, Muh.Khuailid, S.Ag,MH, Ketua Parpol, Kaban Kesbangpoldagri Lobar, serta seluruh peserta sosialisasi yang didominasi ormas pemuda dan perempuan se Lobar.

Lebih lanjut dikatakan mantan Ketua KPU NTB ini, sebenarnya negatif campaign diberbagai negara dibolehkan. “Di Australia, Amerika semua dibolehkan,” tegasnya, karena itu fakta dan tetap sebagai satu bagian dari cara untuk menerapkan azas-azas transparansi terhadap kredibilitas dan karakter dari calon pemimpin.

Menurut Ojan sapaan akrab Fauzan Khalid, dalam peratran perundang-undangan, banyak yang tidak dibolehkan. Tetapi yang tidak boleh dilakukan ini, hampir semuanya masih dilakukan. Walaupun secara pidana sulit dibuktikan. Dia mencontohkan adanya money politic, black campaign, negatif campaign. “Semuanya tidak menutup kemungkinnan sebagai sebuah tradisi,” katanya.

Ada pula semacam asumsi bahwa, seolah-olah dalam politik itu semua dibolehkan. Hal inilah yang dinayatakn benar-benmar salah. Jika semua dibolehkan dalam politik kata Ojan, lalu dimana fungsi agama, budaya yang ada. Ini mungkin karena terlalu banyak mengambil sampel di luar, padahal tokoh-tokoh poiltik di Indonesia itu banyak. Mereka dari sisi etika politiknya luar biasa. Padahal ada pula dalam sigtuasi rapat sering perang urat syaraf, menggebrak meja, karena yang diperdebatkan adalah substansi dari nilai politik, idiologi, bukan kepentingan yang praktis. Namun setelah keluar dari itu, mereka tidak mempermasalhkan apa yang terjadi tadi. “Hal-hal yang saya sampaikan ini memang banyak terjadi, misalnya berita hoax di group WA, Face Book, hampir semua isinya fitnah,” kata Ojan.

 

Baca Juga :


Di dalam Islam lanjutnya, ada yang namanya Gibbah yang artinya, memakan bangkai saudara sendiri. Apalagi yang namanya fitnah, banyak ditemukan di medsos. “tapi dalam peraturan perundang-undangan kita belum mampu mengiliminasinya,” kritik Ojan.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu NTB, Muh.Khuailid, S.Ag, MH. Menyatakan, semua stakeholder pemilu memiliki kewajiban yang sama. Dan itu merupakan amanat undang-undang. Problemnya, disparitas di masyarakat terjadi pelaksanaan yang beda. “Faktanya, masyaratak ada yang menuntut, ada uang kita pilih, itu yang terjadi,” papar Khuailid.



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan