kampung-media.com

Cari

Tutup Iklan
 

INFO

31 Juli, 2014

Politik

H-10, Surat Suara Didistribusikan ke PPS

H-10, Surat Suara Didistribusikan ke PPS

Andre Salahuddin
Oleh Andre Salahuddin
09 Maret, 2014 14:35:35
Politik
Komentar: 0

Bima, Kampung Media.- Pendistribusian Surat Suara pada Pemilihan Legislatif 2014 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima memastikan akan lebih awal dari Pemilihan Legislatif sebelumnya. Selain itu pendistribusian juga akan langsung dibawakan ke tingkat PPS desa.

Ketua KPU, Siti Nur Susilawati SIP MM, pendistribusian surat suara dari KPU ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan dilaksanakan 10 hari sebelum pemilihan. “Surat suara setelah di pack, nanti langsung dikirim 10 hari sebelum pemilihan,” katanya.

Dijelaskanya, pola penyebaran distribusi logistik surat suara pemilu ini berdasarkan perintah KPU pusat. Dan dilakukan untuk meminimalisir adanya hal-hal yang tidak perlu. “Pendistribusian H-10 itu serentak dilaksanakan.

Meskipun begitu, setelah penghitungan perolehan suara, PPK tetap akan bekerja dimana hasil C1 di setiap PPS akan direkap ulang di PPK. Pihaknya juga akan menyiapkan kotak kosong di setiap PPK, untuk mengumpulkan hasil rekap dari PPS diwilayah masing-masing. “Pendistribusiannya pun langsung dikawal pihak kepolisian, KPU dan Panwaslu,” ujarnya.

Lanjutnya,  untuk Jadwal perekapan perolehan suara, di TPS dan KPPS berlangsung pada 9 April. Kemudian di PPS pada 10-15 April, lalu di PPK pada 13-17 April. Dan KPU Kabupaten/Kota pada 19-21 April. Sedangkan ditingkat Provinsi pada 22-24 April, serta tingkat Pusat pada 26 April hingga 6 Mei mendatang.

“jika rekap selesai sebelum jadwal, logistik boleh digeser ketingkat lebih atas. Tetapi perekapannya harus sesuai jadwal yang ada,” paparnya.

Untuk sementara semua surata suara sudah. Bahkan surat suara untuk DPT kab. Bima sudah datang semua, dan surat suaranya sedang proses pelipatan. Sila berharap untuk Formulir C6 bisa sampai tepat waktu di KPU Kabupaten. Sehingga pihaknya bisa memaksimalkan sisa waktu untuk menyortir. “Rencanya formulir akan tiba tanggal 11 April. Paling lambat pengiriman formulir itu H-3 pencoblosan,”tuturnya.

Iya juga menyinggung surat suara untuk DPR RI, DPR Provinsi dan DPD, walaupun ada yang rusak hasil sortinya. Namun, tidak pengaruh dengan jumlah peserta pemilih,”pungkasnya. (Andre)

- (01)

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2013 | kampung-media.com. All rights reserved.